Sabtu, 10 Agustus 2013

Minggu, 18 Desember 2011

ILMU TEKNOLOGI

IBM dan Energy Departement National Nuclear Security Administration mengumumkan bah wa IBM telah memenangkan perjanjian untuk membuat sebuah supercomputer di Los Alamos National Laboratory, yang akan menggunakan lebih dari 16.000 processor AMD Opteron, dan juga 16.000 lebih processor Cell. Supercomputer yang dinamakan Roadrunner ini menggunakan teknologi hybrid, yang menggabungkan cluster konvensional milik Opteron server dengan chip Cell, dan akan mengatur beberapa aplikasi.
Setiap chip Cell, sedianya di buat oleh IBM, Sony dan Toshiba, untuk game konsol Playstation 3, mempunyai delapan engine special purpose yang dapat dengan cepat mengalkulasi performa fisik. Laboratorium milik LANL, yaitu Lawrence Livermore national Laboratory, sebelumnya telah memiliki sebuah supercomputer, IBM Blue Gene/L, yang dapat mengalkulasi secepat 280 triliun kalkulasi per detik, atau 280 teraflop. Roadrunner dibuat agar empat kali lebih cepat dari Blue Gene, atau dapat mencapai kecepatan 1 quadrilion floating-point per detik, atau petaflop.
Roadrunner akan menggunakan sistem operasi Linux, dan juga terdapat software yang akan mengatur pemakaian processor Opteron dan Cell. Roadrunner dibuat dengan menggunakan hardware IBM yang dijual secara komersial, seperti System x3755 server, dengan empat buah processor Op teron dan IBM Blade Center H server ber basiskan Cell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar